banner 468x60

Freepot Berulah Dinilai, Instforme: ini momentum nasionalisasi Aset Negara

banner 160x600
banner 468x60

Adi Putra saat dimintai tanggapannya terkait isu nasional. (Foto: Faidi)

 

LIPUTANMADURA.COM, SUMENEP -- Dukungan terhadap Pemerintah untuk bertindak tegas terhadap PT. Freeport Indonesia terus berdatangan dari berbagai pihak dari seluruh penjuru nusantara. seolah tidak ingin ketinggalan, Institute for Madura's Empowerment (Instforme) turut mendukung upaya 'nNasionalisasi' aset-aset atau kekayaan alam Indonesia. Ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Instforme, Adi Putra saat dimintai tanggapannya terkait isu nasional yang saat ini menyeruap kepermukaan.

"Bukan hanya freeport, eksploitasi dan eksplorasi kekayaan alam khususnya sektor migas tidak banyak mendatangkan keuntungan bagi Negara dan terkhusus lagi pada Rakyat Indonesia," ungkap Adi.

Menurutnya skema kerja sama model apapun entah itu kontrak karya ataupun skema lainnya tidak pernah memberikan keuntungan maksimal pada negara. "Satu-satunya cara ya Negara mengelola sendiri kekayaan alamnya, ya Nasionalisasi aset-aset yang sudah kadung dikuasai kapitalis asing", tegas Adi lagi.

Baginya Freeport itu ibarat fenomena gunung es, blok-blok emas dan migas lainnya juga terdapat banyak masalah yang jauh lebih kompleks dan telanjang mempertontonkan perampokan kekayaan indonesia. "di Madura misalnya, bukan berarti eksplorasi dan eksploitasi migas tidak ada masalah. Hanya saja, belum disoroti secara serius," papar Akademisi asal Kepulauan Masalembu ini.

Karena itu ia menghimbau agar momentum 'freeport' ini dijadikan pintu masuk bagi Negara, dalam hal ini Pemerintah atau Rezim Jokowi untuk merebut kembali kekayaan Negara yang oleh rezim-rezim sebelumnya dilego dengan harga murah kepada Kapitalis asing. "Saya pikir rakyat Indonesia akan mendukung jika Presiden Jokowi serius untuk merebut kembali kedaulatan atas kekayaan negara yang telah lama dijadikan sapi perah oleh pihak asing," jelasnya lagi.

"(Freeport) ini bukan sekedar soal untung dan ruginya negara, tapi didalamnya terkandung muatan kedaulatan dan harga diri negara. Seberapa mampu kita mampu menunjukkannya, tergantung sikap Pak Jokowi," pungkas Pria beranak dua ini. (Faidi)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Freepot Berulah Dinilai, Instforme: ini momentum nasionalisasi Aset Negara"