banner 468x60

Mengenal Aliman Harish, Aktifis Ulung Asal Bangkalan

banner 160x600
banner 468x60

Aliman Harish. (Foto: Ay)

 

LIPUTANMADURA.COM, BANGKALAN -- Kabupaten Bangkalan paling ujung barat pulau madura ini telah banyak menghasilkan sosok-sosok berkualitas. Banyak dari mereka yang tak henti-hentinya menyuarakan kepentingan masyarakat. Salah satunya adalah Aliman Harish.

Pria yang lahir di Desa Serabih Timur Kecamatan Modung Bangkalan itu merupakan salah satu tokoh terkemuka dan berpengaruh di kabupaten Bangkalan. Ia adalah sosok yang penuh inspiratif, serta mempunyai pemikiran yang progresif menuju cita-cita masyarakat yang ideal. 

Aliman sapaan akrabnya juga seorang yang kritis serta idealis dalam melihat kondisi dan situasi social, politik, ekonomi, moral, serta kebijakan-kebijakan pemerintah Kabupaten Bangkalan. Ia dikenal sebagai tokoh pergerakan yang cukup gagah berani melantangkan suara guna menuju perubahan yang lebih baik. 

Aktivitasnya dalam mengawal kebijakan pemerintah, tidak hanya ketika dia aktif di bumi ia lahir, tapi jauh sebelum itu namanya tidak asing terdengar diberbagai organisasi kemahasiswaan sewaktu kuliah di IAIN sunan ampel.

Seiring berjalannya waktu, kepekaannya terhadap kondisi Sosial politik sejak masih di bangku kuliah mengantarkannya terpilih menjadi Anggota DPRD Bangkalan. Ia berada di Komisi B di Bidang Ekonomi dan Keuangan pada tahun 2004 - 2009. Dan sekarang meskipun sudah tidak lagi duduk dikursi Dewan, ia tetap berjuang demi tercapainya harkat dan martabat seluruh rakyat Bangkalan.

Cita-citanya untuk melihat masyarakat bangkalan terlepas dari perbudakan system kekuasaan terus di perjuangkan. Kelakuan pemerintah yang selama ini banyak bertentangan dengan kemauan masyarakat membuktikan bahwa Bangkalan sedang mengalami krisis kepemimpinan. Namun ia optimis dan terus bergerak menuju bangkalan yang lebih baik dan kondusif.

Dalam memuluskan impiannya, Sosok yang terlahir dari kaum petani itu terdorong hatinya untuk mengikuti kontestasi Pilkada Bangkalan Tahun 2018 mendatang. Ia bergandengan dengan aktifis anti korupsi Mathur Husairi lewat jalur independen non partai.

Dengan jargon "serius tidak ambisius" pasangan Mathur Husairi - Aliman Harish yang kemudian disingkat MAHIR memberikan nuansa yang berbeda pada bursa pilkada mendatang. Ia mengajarkan bahwa seorang pemimpin harus tegas untuk bisa membangun dan mengubah dengan cara yang baik. Namun disamping itu pemimpin tidak boleh terlalu ambisius dalam bergerak.

Ia berkeyakinan untuk bisa merubah pola pemerintahan yang sudah sangat memprihatinkan, maka ia perlu masuk kedalam struktur pemerintahan itu sendiri. Itulah kemudian yang menjadi harapannya agar bisa bersama-sama membangun bangkalan yang lebih maju. (Ay)

Biodata Tokoh

Nama: Aliman Harish
Alamat asal: Dusun Kobakoh Desa Serabi Timur Kec. Modung Bangkalan
Alamat sekarang: Peruman IMC Blok D/5 Kelurahan Mlajah Bangkalan
Agama: Islam

Orang Tua
Ayah: Saningwar
Ibu: Masrsiti

Riwayat Pendidikan
1983 - 1989 : SDN Serabi Timur
1992 - 1993 : MTS Almas'udiyah
1993 - 1995 : MA Almas'udiyah
1996 - Tidak selesai : IAIN Sunan Ampel

Pengalaman Organisasi
2001 - 2002 : Pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Wonocolo
2001 - 2002 : Ketua Ikatan Mahasiswa Bangkalan (IKAMABA)
2001 - 2002 : Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IAIN Sunan Ampel
1999 - 2003 : Ketua Aliansi Mahasiswa Madura Surabaya (ALMARAS)
2002 : Pendiri Lembaga Kajian Sosial Demokrasi (LeKSDam)
2007 - 2008 : GP Anshor Kabupaten Bangkalan
2004 - 2009 : Sekretaris Komisi B DPRD Bangkalan

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Mengenal Aliman Harish, Aktifis Ulung Asal Bangkalan"